Kubah Masjid Al-Anshor

Kubah Masjid Al-Anshor

Kubah masjid yang terletak di jalan pengukiran IV , pekojan, tambora , Jakarta barat, dki Jakarta. Yang merupakan kawasan pemukiman muslim pada saat pertama penjajahan yang di lakukan oleh belanda , yang di mana masjid tersebut sudah tua dan juga berumur yang sudah berabad abad, namun masjid al anshor tetap terawatt dan juga terjaga sampai saat ini, dan juga di masih di fungsikan sebagai tempat beribadah oleh masyarakat sekitar itu. jika kalian membutuhkan artikel lainnya lihat selalu di blog kami di situ juga terdapat kontraktor kubah masjid , penjual kubah masjid , harga kubah masjid dan lain lainnya

Yang juga merupakan salah satu peninggalan pada saat sebelum masa penjajahan  dan juga selama masa penjajahan yang di lakukan oleh belanda, masjid al-anshor di bangun di sekitar abad ke 16 yang tepat pada tahun 1684 masehi yang tepat 30 tahun sebelum pasukan pasukan belanda menjajah dan menghancurkan jayakarta yang pada saat ini nama tersebut berubah menjadi jayakarta. Yang kemudian mendirikan Batavia.

Masjid al-anshor yang juga termasuk masjid tertua di daerah pakojan, yang lebih tua dari masjid masjid tua seperti masjid langgar tinggi, masjid jami annawier, masjid azzawiyah dan juga masjid raudah. Masjid yang sudah tua yang dengan lebih dari 3 abad  yang pada saat ini dengan semakin pesatnya zaman dan juga teknologi serta juga infrastuktur yang menjadikan masjid al-anshor semakin sulit untuk di ketahui oleh banyak masyarakat masyarakat besar.

Nama masjid tersebut di ambil dari bahasa arab yakni al-anshor yang secara harfia memiliki arti “pendatang” yang pada saat itu nama tersebut sangat cocok dengan sebuah asal usul masjid yang di bangun oleh para pendatang [pendatang muslim yang berasal dari india yang terjadi pada tahun 1684, dan lahan yang di jadikan masjid termasuk tanah wakaf yang di berikan  oleh seseorang dari keturunan india yang juga termasuk seorang muslim.

Dari banyak para sejarawan yang berada di Jakarta dari salah satu sejarawan yang bernama  Adolf Heuken SJ ia mengatakan bahwa masjid al-anshor adalah masjid tertua di Jakarta di bandingkan dengan masjid masjid lainnya yang berada di Jakarta. Masjid yang pertama kali telah di temukan oleh seorang pendeta di pertengahan pada abad ke 17  yang kemudian telah di laporkan kepada dewan gereja pada tahun 1684 yang terletak di wilayah pekojan yang juga termasuk daerah atau wilayah yang sangat banyak memiliki bangunan masjid masjid  yang tepat pada sebuah kompeni belanda pada saat belanda menguasai wilayah Jakarta.

Dari banyaknya bangunan bangunan masjid yang berumur sudah tua banyak masjid tua di Indonesia yng merupakan peninggalan peninggalan yang di berikan oleh sunan sunan maupun peninggalan yang di berukan oleh para wali untuk tetap di abadikan, di lestarikan, di rawat, dan di fungsikan.

 

 

Leave a Comment